Bola Ubi Kopong - Jajanan Kaki Lima yang Sedang Hits
Wakuliner - 17 May 2019
 
Tips
News
Oleh - Oleh
Story
 

Salah satu produk umbi-umbian yang sering orang konsumsi saat ini antara lain kentang, jagung, singkong, dan ubi. Kali ini Wakuliner akan membahas salah satunya yaitu Ubi. Ubi jalar biasa dijadikan pendamping ketika minum teh atau kopi di sore hari. Baik ubi biasa, ubi merah, atau ubi ungu bisa kita olah dengan berbagai macam cara, seperti direbus, dijadikan keripik, atau bisa juga dijadikan isian makanan kolak.

Tapi kini makanan ini makin modern pengolahannya. Ada 1 jajanan kaki lima berbahan ubi yang sedang hits saat ini. Jajanan ini bernama Bola Ubi Kopong, yaitu gorengan bola-bola ubi yang tidak berisi tapi tetap memiliki tekstur yang renyah saat digigit. Meskipun banyak cemilan atau jajanan lain yang populer, tetapi jajanan kaki lima yang satu ini berhasil menyita perhatian kaum millenial. Bola-bola ubi ini tidak disajikan polos begitu saja tapi juga ditaburi bubuk gula halus, bahkan beberapa ada yang ditaburi bubuk milo, bubuk coklat, selai strawberry, dan ada juga yang ditambahkan rasa pandan dan greentea yang kekinian.

Jajanan yang sedang hits ini sebenarnya tidak perlu bahan yang rumit untuk membuatnya sendiri. Hanya berbekal beberapa bahan sederhana saja, bola ubi kopong dapat dibuat dengan cita rasa yang memanjakan lidah. Berikut ini bahan-bahan yang kamu butuhkan.

• 700 gram ubi jalar.
• 200 gram tepung tapioka.
• 5 sendok makan gula pasir.
• 3 sendok makan baking powder.
• Minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya :
1. Cuci ubi jalar yang dan kupas kulitnya. Lalu, kukus ubi yang telah dikupas selama 15-20 menit hingga empuk.
2. Setelah dikukus, haluskan ubi tersebut hingga lembut menggunakan garpu atau alat masak lainnya.
3. Campurkan ubi jalar yang sudah lembut tadi dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder. Lalu, aduk dengan tangan.
4. Setelah semua bahan bercampur, ambil sedikit demi sedikit dan bulat-bulatkan di tangan hingga berbentuk bola. Besar kecilnya sesuaikan dengan selera, tapi jangan terlalu besar.
5. Goreng di minyak dengan api medium. Api jangan terlalu besar karena bola ubi tersebut bisa cepat gosong. Bolak balikan bola ubi yang sedang digoreng tersebut sambil ditekan-tekan agar tengahnya menjadi kopong. Jangan khawatir ketika menekan bola ubi karena akan kembali mengembang.
6. Setelah cukup berwarna coklat, tiriskan. Bola ubi kopong pun siap dihidangkan.

Nah, gimana Wakulovers? Cukup unik dan mudah kan cara membuat jajanan kaki lima ini! Buat Wakulovers yang memang penggemar segala macam produk ubi-ubian, kamu harus banget berkunjung ke website Wakuliner dan juga download aplikasinya. Di Wakuliner kamu bisa membeli berbagai macam produk berbahan ubi, seperti Keripik Ubi Ungu, Ubi Balado, Thiwul instan rasa ubi, Serundeng Ubi, Stik Ubi, bahkan ada juga Egg Roll Ubi Ungu. Kamu bisa temukan itu semua di fitur Kuliner Nusantara. Pokoknya dijamin deh, beli di Wakuliner adalah pilihan yang tepat dan terpercaya.


Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

Sumber :
https://www.idntimes.com/food/recipe/yoshi/cara-membuat-bola-ubi-kopong/full
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3881714/si-bobi-bola-bola-ubi-kopong-yang-digemari-kaum-millenial



By : Maya Suci

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru