Wakuliner Story : Pulang Kampung Bangun Aplikasi
Wakuliner - 13 July 2023
 
Rekomendasi
News
Story
 

Halo Waku-lovers, disini saya bakal ceritain orang-orang di balik layar Wakuliner dan sekilas perjalanan Wakuliner hingga go live dan bisa kita nikmati manfaatnya saat ini :D.

Berawal dari kesulitan Anthony Gunawan (CEO) & family untuk menikmati kuliner nusantara di banyak kota di Indonesia, saking banyaknya website dan aplikasi yang hanya memiliki satu fiture layanan kuliner, dan googling ternyata banyak info yang keliru hingga menimbulkan kegalauan perut yang akut, hingga terpikirlah ide untuk membuat platform e-comerce dan marketplace khusus kuliner untuk mempermudah pencarian dan pemesanan kuliner yang lengkap, karena pada saat itu belum ada aplikasi yang mendukung kebutuhan tersebut, sedangkan beliau sudah terbiasa di buat praktis dengan teknologi semasa tinggal di Amerika seperti Amazon atau Ebay. Usut punya usut beliau sekeluarga itu kuliner lovers dan doyan makan, tapi ga ada yang gendut loh seriusss…ternyata itu tidak lepas dari pola hidup sehat Anthony & family :D

Datang ke Indonesia di tahun 2014 disaat perayaan Natal, Anthony Gunawan mulai bangun PT di akhir tahun 2015 dan diberi nama PT. Bigit Republik Aplikasi dan mulai membangun aplikasi di awal sampai pertengahan tahun 2016.

Pria kelahiran Malang 1984 ini, adalah lulusan ST Teknik Komputer (cum laude) & M.B.A. Management (magna cum laude) di U.S.A, dan sebelumnya beliau sempat bekerja di perusahaan off-price retailer terbesar di U.S.A dan dunia, The TJX Companies, dan merupakan associate termuda di tim IT yang masuk jajaran management dan sudah 12 tahun berkecimpung di dunia IT & management.

Menggaet salah seorang tokoh berpengaruh di Indonesia, yang di kenal sebagai pembicara terbaik dan pelatih sukses versi majalah SWA, Tung Desem Waringin yang kata orang-orang di sebutnya “mbahnya dahsyat”, dan artis & singer Alena Wu yang ternyata merupakan kakak kandung Anthony Gunawan. Mereka mulanya memberi nama produk aplikasi ini “sedaaap” dengan alasan mudah di ingat. Kemudian coba di ganti jadi “bakuliner” dan ternyata sudah ada yang pakai. Akhirnya finally hadirlah “Wakuliner” yang merupakan kependekan dari wadah kuliner.

Anthony dan team membangun dua aplikasi sekaligus, karena antara penjual dan pembeli memiliki kebutuhan yang berbeda. Wakuliner mulanya hanya memiliki satu fitur untuk melayani pemesanan delivery dan take away dari sebuah resto, depot, rumah makan atau usaha makanan rumahan. Melakukan perekrutan merchant gerilya ke kota-kota besar, hingga di awal tahunnya berhasil menggaet sekitar 3000 pelaku usaha kuliner dan berjualan di Wakuliner. Awal tahun 2017 Wakuliner sudah bisa digunakan publik dengan menghadirkan 2 fitur baru yang terus disempurnakan. Kemudian di tahun 2018, Wakuliner menambah 2 fitur lagi yang coba dikembangkan sehingga saat ini Wakuliner memiliki 5 layanan:
- Siap Saji
- Kuliner Nusantara
- Wisata Kuliner Legendaris
- Katering
- Franchise Kuliner

Siap Saji adalah layanan fitur pemesanan delivery dan take away untuk makanan siap & cepat saji yang bisa dipesan dan diantar saat itu juga. Kuliner Nusantara adalah layanan fitur pemesanan produk kuliner yang bisa dikirim antar kota… nahhh ini terobosan buat para pecinta kuliner yang kangen makanan daerah dan memudahkan pemesanan oleh-oleh kalau Waku-lovers traveling :D. Lalu ada Wisata Kuliner Legendaris yang merupakan fitur layanan directory rekomendasi lokasi kuliner yang legendaris di belasan kota, baik itu gerobakan, usaha tendaan/lesehan atau restoran. Selanjutnya Wakuliner juga merilis fitur Katering untuk memudahkan masyarakat dalam memesan/berlangganan katering harian atau event. Dan yang terakhir yaitu Franchise Kuliner, merupakan fitur layanan untuk mempertemukan penjual dan pembeli usaha franchise di bidang kuliner tentunya.

Memiliki visi menjadi e-comerce dan marketplace kuliner terbesar dan terlengkap di Indonesia, dan misi memberi pelatihan & aplikasi terbaik bagi para pengusaha kuliner dan UMKM diIndonesia, Wakuliner resmi soft launching di tanggal 09 Agustus 2017. Begitulah Waku-lovers cerita singkat Wakuliner dari mulai berdiri hingga bisa di gunakan masyarakat Indonesia. Semoga karya anak bangsa yang satu ini terus berkembang dan terus berinovasi dan menjadikan Wakuliner platform e-comerce dan marketplace terbesar dan terlengkap di Indonesia. Amiiiinnn…


Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777



By: Indra Madukara, Wakuliner

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru