Yuk Mulai Berbisnis Franchise Kuliner
Wakuliner - 12 June 2019
 
Tips
Rekomendasi
News
Story
 

Saat ini usaha Waralaba atau yang biasa kita sebut Franchise sedang berkembang pesat di Indonesia khususnya di bidang kuliner, dimana franchise lokal kini sudah bisa bersaing dengan franchise luar negeri. Nah buat Wakulovers yang mungkin tertarik dengan sistem bisnis seperti ini tapi masih belum mengerti, Wakuliner akan membahasnya buat kamu.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, definisi waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dimana pemberi waralaba (Franchisor) memberikan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya kepada individu atau perusahaan (Franchisee) untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu. Jadi secara umum Waralaba atau Franchise merupakan cara bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan lisensi dagang.

Untuk pembiayaan dan modal yang harus kita keluarkan, Franchisee dibebani Franchise Fee dan Royalty Fee. Franchise fee adalah biaya yang harus dibayarkan di muka sebelum gerai waralaba kamu mulai beroperasi. Biasanya biaya ini dibayarkan untuk lisensi atau hak untuk menggunakan merk dan pedoman operasional yang diwaralabakan selama jangka waktu waralaba. Sedangkan untuk Royalti pada umumnya berupa persentase terhadap setiap penghasilan/omset yang diterima Franchisee dimana penetapan persentase nya bisa flat atau progresif.

Waralaba sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit Singer, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. Kemudian, caranya ini diikuti oleh pewaralaba lain yang lebih sukses, John S Pemberton, pendiri Coca Cola. Namun, menurut sumber lain, yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola, melainkan sebuah industri otomotif AS, General Motors Industry pada tahun 1898.

Di Indonesia sendiri, sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Kemudian di tahun 1970-an berkembang menjadi sistem pembelian lisensi plus, yaitu pewaralaba tidak sekadar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya. Tonggak kepastian hukum akan format waralaba di Indonesia dimulai pada tanggal 18 Juni 1997, yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 16 Tahun 1997 tentang Waralaba. Waralaba saat ini lebih didominasi oleh waralaba rumah makan siap saji termasuk di Indonesia (Wong Solo, Bakoel Tukul, CFC, Hip Hop, Red Crispy, Papa Rons dll).

Gimana Wakulovers, masih belum yakin dengan sistem bisnis Franchise? Tenang, Wakuliner akan jelaskan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis ini.

1. Memulai Bisnis Lebih Cepat

Kita tidak perlu repot-repot merintis bisnis dari awal. Mulai dari menentukan menu, lokasi bisnis,
memikirkan proses, dan memasarkan produk yang akan dijual, semuanya sudah ada panduannya. Kita cukup menjalankan saja model yang sudah ditetapkan Franchisor. Orang yang punya modal dan ingin berbisnis tetapi belum tahu dan khawatir dengan resikonya, bisa mencoba bisnis franchise.


2. Manajemen bisnis & finansial yang lebih mudah

Bisnis waralaba memberikan keuntungan untuk berbisnis di bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Ide, penamaan dan manajemen suatu bisnis telah diuji coba sebelumnya dan siap untuk diimplementasikan pada lokasi yang baru. Selain itu, sistem manajeman finansial juga telah ditetapkan oleh Franchisor, sehingga kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan manajemen finansial seperti membangun bisnis baru. Investor juga biasanya cenderung lebih suka untuk memberikan modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasaran.


3. Merk sudah dikenal masyarakat

Butuh waktu bertahun-tahun bagi para pengusaha retail kecil atau perseorangan untuk membangun reputasi dan pelanggan yang setia dimana semua strategi pemasaran dilakukan sendiri sesuai dengan kemampuan mereka. Sedangkan pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis sebelumnya lebih dahulu dikenal masyarakat begitu juga dengan kualitas produknya. Selain itu Franchisor juga akan membantu mengembangkan program pemasaran melalui dana pemasaran kooperatif, mulai dari promo di toko franchise tertentu atau acara khusus yang berlangsung hanya di satu toko franchise saja.


4. Pelatihan dan Dukungan

Franchise adalah bisnis tim, sehingga Franchisor akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang solid dengan memastikan bahwa semua toko franchise beroperasi sesuai standar tertentu. Untuk itu, Franchisee dan karyawannya akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan dari Franchisor, termasuk bagaimana cara membangun relasi yang baik dengan pelanggan. Selain itu kesuksesan satu toko franchise akan membantu keuntungan rekan-rekan Franchisee lainnya. Memiliki bisnis dalam satu merek yang sama memungkinkan setiap Franchisee saling memberi saran dan dukungan.

Buat Wakulovers yang tertarik menjalankan bisnis Franchise, Wakuliner memberikan kelebihan satu-satunya di indonesia nih, yaitu JAMINAN Franchise fee (franchise-fee-back-guarantee). Jadi jika kamu beli franchise di Wakuliner dan telah :

- Melakukan dan mengikuti semua rekomendasi, SOP, dan arahan dari Franchisor
- Membayar semua Royalty dengan sesuai dan tepat waktu

Lalu bisnis Franchise kamu kurang berhasil dalam kurun waktu 1 tahun; kamu akan menerima 50% Franchise fee kembali dari kami!!

Artinya kamu dan Wakuliner bisa berbagi resiko dan meng-gandakan peluang sukses-mu! Kamu bisa langsung kunjungi website Wakuliner di wakuliner.com/franchise . Pokoknya dijamin deh, beli franchise kuliner di Wakuliner adalah pilihan yang tepat dan terpercaya.

Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777

*syarat dan ketentuan berlaku sesuai di website dan aplikasi Wakuliner dan franchisor

Sumber :
http://www.franchise-expo.co.id/Press/Tips/Penjelasan-Franchising-Franchisor-Franchisee-Franchise-fee-dan-Royalty-fee/
https://www.pawoon.com/berikut-mengapa-bisnis-franchise-adalah-pilihan-bisnis-terbaik/
https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://www.franchise-expo.co.id/Press/Tips/Keuntungan-Dan-Kekurangan-Bisnis-Waralaba/



By: Maya Suci, Wakuliner

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru