Pesan Makanan Nusantara – Deretan Jajanan Nusantara
Wakuliner - 12 June 2019
 
Tips
Rekomendasi
Story
 

Pesan Makanan Nusantara – Sebagaimana telah kita ketahui bahwa, Indonesia adalah Negara yang puspawarna. Hal ini juga ada pada makanan di berbagai daerah di Indonesia. Pada artikel ini, Wakuliner yang memiliki jasa kirim makanan online akan menginformasikan beberapa deretan jajanan Nusantara. Berikut ulasannya.

Pertama adalah kue dolar. Masakan nusantara khas Surabaya ini tidak menyerupai uang logam ataupun berhubungan dengan mata uang asing tersebut. Namun, bentuknya yang bulat dan pipih mungkin menjadi alasan mengapa orang zaman dahulu menyebutnya kue dolar. Rasanya bermacam-macam, ada yang gurih renyah dengan taburan wijen, ada gurih keju, dan ada juga yang beraroma jahe.

Kue dolar juga cukup identik sebagai kue tempo dulu. Usaha kue dolar pertama kali muncul tahun 1936 yang diberi nama Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya. Kini, tokonya bisa Kamu temukan di Main Hall tahap I dan III Pasar Atum, dan Kamu pun bisa melihat langsung pembuatan kue dolar di sana.

Kemudian yang kedua adalah roti ketawa. Roti khas Sumatera Utara ini berbentuk bulat dan ada belahan di permukaannya yang mirip seperti sebuah senyuman atau ketawa. Sama-sama ditaburi dengan wijen di atasnya, roti ketawa sering disebut serupa dengan onde-onde, hanya saja teksturnya keras.

Masakan nusantara ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh Pematangsiantar. Ada dua jenis roti ketawa, yaitu ukuran besar dan ukuran kecil, namun jika berkunjung ke Sumatera Utara bentuk aslinya kebanyakan berukuran besar. Roti ketawa yang masih panas akan terasa lebih lembut dan gurih, sehingga cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Dan yang ketiga adalah kue satu. Mungkin Kamu sudah sering melihat kue satu menjadi sajian khas saat lebaran. Kue kecil berwarna putih ini salah satu masakan nusantara warisan Jawa Barat yang sudah ada sejak dulu. Bagi orang yang masih mengenal kental budaya Pasundan, resep pembuatan kue satu sudah diwariskan secara turun-temurun. Kue berbahan dasar kacang hijau ini bukan hanya hadir saat perayaan besar, namun juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh dari Tanah Sunda. Cara membuatannya pun masih memegang teguh cara pembuatan tradisional yang menggunakan paparan sinar matahari untuk mengeringkan kue.

Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777



By: Wakuliner Blog Team

Komentar (0)

Artikel Populer




Artikel Terbaru


Berikan Komentar

Beri Komentar

Artikel Populer


Artikel Terbaru